PROSES SERTIFIKASI

PROSES SERTIFIKASI

  1. Permohonan Sertifikasi

Klien/organisasi mengajukan permohonan sertifikasi sesuai formulir permohonan yang telah ditetapkan Sakti Indonesia Sertifikasi. Apabila dibutuhkan, Sakti Indonesia Sertifikasi dapat memberikan penjelasan rinci mengenai proses sertifikasi sesuai skema yang telah ditetapkan. Organisasi pemohon harus berbadan hukum yang sah, menerapkan persyaratan standar sistem manajemen yang akan disertifikasi dan bersedia mematuhi persyaratan umum sertifikasi yang telah ditetapkan, serta bersedia membayar biaya-biaya terkait dengan kegiatan sertifikasi yang telah disepakati.

Formulir permohonan sertifikasi harus ditandatangani oleh Pimpinan organisasi sebagai bagian penting dari perjanjian sertifikasi dengan Sakti Indonesia Sertifikasi.

Sakti Indonesia Sertifikasi akan meninjau setiap data dan informasi yang diterima, untuk keperluan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan sertifikasi. Sakti Indonesia Sertifikasi menjamin kerahasiaan setiap data dan informasi yang diterima dari Klien/pemohon sertifikasi.

  1. Proses Audit

2.1 Sakti Indonesia Sertifikasi akan menentukan Tim Audit yang kompeten sesuai dengan ruang lingkup sertifikasi dan standar sistem manajemen yang diaplikasikan. Program dan rencana setiap tahapan audit akan diinformasi kepada klien sebelum pelaksanaan audit.

2.2 Audit Tahap-1 akan dilakukan oleh Tim audit di tempat klien atau di kantor Sakti Indonesia Sertifikasi, untuk mengaudit dokumen sistem manajemen, memverikasi kesiapan lokasi dan lapangan, mengecek status kinerja utama dan aspek-aspek penting yang relevan, pelaksanaan internal audit dan tinjauan manajemen serta mengumpulkan informasi yang relevan dan mengkaji  kesiapan sumber daya klien untuk persiapan pelaksanaan audit Tahap-2.

Tim Audit akan memberikan laporan tertulis hasil Audit Tahap-1 termasuk rekomendasi untuk pelaksanaan audit tahap-2.

2.3 Audit Tahap-2 dilakukan di lokasi klien sesuai dengan ruang lingkup sertifikasi dan standar yang diterapkan. Audit tahap-2 bertujuan untuk memverikasi efektifitas penerapan system manajemen yang diterapkan oleh klien sesuai dengan ruang lingkupnya. Semua informasi hasil audit tahap-1 dan tahap-2 akan digunakan oleh Tim Audit untuk memberikan kesimpulan hasil audit terkait dengan rekomendasi keputusan sertifikasi. Apabila ditemukan ketidaksesuaian, maka klien/pemohon harus melakukan koreksi dan tindakan koreksi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan oleh Tim Audit.

  1. Keputusan Sertifikasi

3.1 Sakti Indonesia Sertifikasi akan melakukan serangkaian proses internal untuk mengkaji semua laporan audit dalam rangka membuat Keputusan Sertifikasi.  Proses pengkajian dilakukan secara professional, tidak memihak dan independen serta dilakukan oleh personel yang kompeten. Klien/Pemohon akan diberikan konfirmasi keputusan sertifikasi secara tertulis oleh Sakti Indonesia Sertifikasi.

3.2 Sertifikat Sistem Manajemen akan diterbitkan dan diberikan kepada Klien/Pemohon apabila semua persyaratan sertifikasi telah terpenuhi. Sertifikat yang diterbitkan oleh Sakti Indonesia Sertifikasi berlaku  selama 3 (tiga) tahun.

Klien dapat menggunakan logo sertifikasi dan/atau Logo Akreditasi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Informasi umum mengenai klien tersetifikasi akan dimasukan dalam Direktori Klien tersertifikasi Sakti Indonesia Sertifikasi.

  1. Audit Surveilen

4.1 Audit Surveilen akan dilakukan secara periodik (satu tahun sekali atau dua kali) oleh tim audit yang kompeten untuk mengevaluasi efektifitas penerapan dan pemeliharaan sistem manajemen klien yang telah tersertifikasi.

Tim audit akan membuat laporan tertulis hasil audit surveilen dan klien wajib untuk melakukan koreksi dan tindakan korektif atas setiap temuan ketidaksesuaian hasil audit surveilen sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

  1. Sertifikasi ulang

5.1 Audit sertifikasi ulang akan dilakukan pada akhir masa berlaku sertifikat. Tujuan audit sertifikasi ulang adalah untuk mengkonfirmasi keberlanjutan kesesuaian dan efektifitas sistem manajemen secara keseluruhan, serta relevansi dan kemampuan organisasi terhadap lingkup sertifikasi.

Apabila ditemukan ketidaksesuaian, maka klien harus melakukan koreksi dan tindakan koreksi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan oleh Tim Audit. Sakti Indonesia Sertifikasi akan menerbitkan ulang Sertifikat untuk masa berlaku 3 (tiga) tahun berikutnya apabila semua persyaratan terkait sertifikasi ulang telah terpenuhi.

PERMINTAAN PELATIHAN

Pelanggan à Analisa Kebutuhan Pelatihan à Penetapan Pelatihan à Contact Center SAKTI INONESIA à Ploting Instruktur à Pelaksanaan Pelatihan à Evaluasi / Exam Pelatihan à Pengriman Seritfikat à Pelanggan.

KOMPLAIN

Komplain bagi kami adalah sarana untuk lebih memajukan dan memilih praktet praktek terbaik. Oleh karena itu, complain akan kami tangani secepat mungkin.

Komplain,masukan dan saran bisa dilakukan dengan menghubungi:

Contact Center :

0852.33.56.93.95

0857.33.77.30.33

e-mail : info@saktiindonesia.com

Kantor Kami

PT. Sakti Indonesia

Bumi Mandiri Tower II lt. 12
Jl. Panglima Sudirman No. 66-68 Surabaya

Telp : 031-60018687
Email : info@saktiindonesia.com

Login